PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 52 PALEMBANG

ABSTRAK

Oleh ;Maisaroh,Somakim, dan Andinasari

Untuk memahami suatu konsep matematika dibutuhkan peran serta dari guru dalam memilih atau menerapkan suatu metode bahkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi yang diberikan oleh guru sehingga proses pembelajaran akan mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Salah satu metode pembelajaran yang tepat dalam membantu siswa agar mampu memahami konsep yang diberikan oleh guru yakni metode pembelajaran resitasi.. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 52 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 52 Palembang. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 52 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas metode resitasi sedangkan untuk variabel terikat pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII. 2 sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol.. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan analisis data dalam penelitian ini adalah secara uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan yaitu ada pengaruh yang positif signifikan metode pembelajaran resitasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 52 Palembang serta tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diterapkannya metode resitasi dalam proses pembelajaran matematika hingga mencapai 83,68 tergolong pemahaman konsep siswa sangat tinggi sedangkan untuk tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diberikannya perlakuan tanpa menggunakan metode resitasi hanya 72,37 tergolong pemahaman konsep siswa tinggi.

Kata Kunci : Metode pembelajaran resitas dan pemahaman konsep

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s