Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Limit Fungsi Aljabar Untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Karya Sejati Palembang.

OLEH : Ibtahul Albar

ABSTRAK

Dalam proses belajar mengajar penggunaan metode pembelajaran yang tidak tepat bisa menghambat tercapainya tujuan pembelajaran, hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa sehingga pada materi limit fungsi aljabar nilai siswa cenderung rendah. Dari permasalahan yang dimaksud peneliti mencoba menerapkan model kooperatif tipe STAD, karena pembelajaran tersebut dapat membuat siswa untuk selalu belajar dan mengevaluasi tugas-tugas yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika pada materi limit fungsi aljabar untuk siswa kelas XI IPA SMA Karya Sejati Palembang.
Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Karya Sejati Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu one short case study. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tehnik tes. Kemudian data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika pada materi limit fungsi aljabar untuk siswa kelas XI IPA SMA Karya Sejati dengan rata-rata nilai 89,65 yang dikategorikan baik sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s