“Penerapan Pendekatan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam pembelajaran matematika Di SMP Muhammadiyah 6 Palembang”.

Oleh ; Litra Elya

ABSTRAK

Matematika merupakan salah satu pelajaran disekolah yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi pada jurusan tertentu. Dan yang menjadi masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Khususnya pada mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karena dalam proses belajar mengajar guru selalu menggunakan metode konvensional, dimana dalam proses belajar mengajar masih berpusat pada guru, sehinnga siswa cenderung pasif dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh sebab itu perlu menerapkan suatu pendekatan pembelajaran yang tepat dimana dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat mengubah kebiasaan belajar siswa dan dapat membantu siswa dalam memahami teori secara mendalam melalui pengalaman belajar, selain itu juga dapat membantu meningkatkan budaya membaca pada siswa. Pendekatan yang bisa digunakan salah satunya yaitu Pendekatan Survey, Question, Recite, Review (SQ3R). Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas siswa saat mengikuti proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan SQ3R.
Variabel penelitian ini adalah Hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran SQ3R dan Aktivitas siswa selama diterapkannya pembelajaran SQ3R. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dimana diambil satu kelas, maka sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 dengan jumlah 32 siswa. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa selama diterapkannya SQ3R yang paling dominan adalah aktivitas Visual dengan rata-rata 94,4% dan aktivitas yang paling rendah adalah aktivitas lisan dengan rata-rata 63,01%. Sedangkan hasil belajar siswa dikategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,06%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s