Penerapan Strategi Elaborasi pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs. Al-Mashri Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

Oleh : Syamsul Bahrun

ABSTRAK

Berdasarkan wawancara peneliti dengan beberapa orang guru matematika MTs. Al-Mashri Pangkalan Balai diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata ulangan harian  60,0 (di bawah KKM yang ditetapkan) pada Pokok Bahasan Pemakaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis, dan berpikir siswa sangat kurang dan jauh dari tuntutan yang didinginkan oleh setiap guru mata pelajaran, sedangkan tuntutan dari KTSP yang disepakati oleh guru mata pelajaran KKM yang ditetapkan adalah 60,0. Berdasarkan dari fakta ini peneliti tertarik untuk menerapkan Strategi Elaborasi sebagai salah satu strategi belajar yang dapat diterapkan pada materi pembelajaran diatas kepada siswa, karena strategi ini belum pernah diterapkan oleh guru mata pelajaran yang ada di MTs. Al-Mashri Pangkalan Balai. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran berdasarkan strategi Elaborasi pada Pembelajaran Matematika siswa kelas VIII MTs. Al–Mashri Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran berdasarkan strategi Elaborasi pada Pembelajaran Matematika siswa kelas VIII MTs. Al–Mashri Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Mashri Pangkalan Balai setelah diterapkan strategi elaborasi pada pembelajaran matematika.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data tes yang diperoleh siswa dianalisis dengan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pada pertemuan pertama nilai rata-rata siswa sebesar 49,15 dengan keaktifan siswa sebesar 53,148 yang dikategorikan cukup aktif, pada pertemuan kedua nilai rata-rata siswa sebesar 57,11 dengan keaktifan siswa sebesar 67,96 yang dikategorikan aktif, dan pada pertemuan ketiga nilai rata-rata siswa sebesar 92,93 dengan keaktifan siswa sebesar 79,81 yang dikategorikan aktif. Dengan demikian penerapan strategi elaborasi dapat dikembangkan khususnya siswa MTs. Al-Mashri Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin karena dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s