PENGARUH PEMBELAJARAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 4 PALEMBANG

Oleh ; ERWINDA PRAMITA
2007121270

ABSTRAK

Berdasarkan Informasi yang diperoleh dari guru yang mengajar matematika di SMP Negeri 4 Palembang, bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah terhadap materi pelajaran matematika masih tergolong rendah terutama dalam mengerjakan soal. Hal ini disebabkan karena siswa biasanya hanya mengerjakan soal-soal yang rutin, sehingga siswa tidak dapat memecahkan suatu masalah apabila mengerjakan soal yang sedikit berbeda dengan contoh soal yang diberikan oleh guru atau soal yang tidak rutin. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah dan tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan menggunakan metode proyek adalah suatu cara mengajar yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk menggunakan unit-unit kehidupan sehari-hari sebagai bahan pelajarannya. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pembelajaran metode proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 4 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran metode proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 4 Palembang.
Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas: Pembelajaran metode proyek dan model pembelajaran konvensional, kemudian variabel terikat: kemampuan pemecahan masalah matematika Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t akan tetapi sebelumnya data terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitasnya.
Berdasarkan hasil analisis data pada uji normalitas data, data berdisribusi normal dan pada uji homogenitas, data terbukti homogen. Dan pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung = 3,61 dan ttabel = 1,667 hal ini berarti . Hasil analisis tes tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh pembelajaran metode proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 4 Palembang tahun pelajaran 2011/2012.

Tinggalkan komentar