Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 28 Palembang

Oleh : RIKA SEPTARIANA
2007121360

ABSTRAK

Berpikir adalah proses menggunakan informasi dengan sebaik-baiknya. Proses berpikir selalu diikuti dengan kreativitas di dalam diri seseorang. Untuk itulah diperlukan suatu pendekatan pembelajaran sehingga siswa dapat aktif berpikir. Pemilihan pendekatan pembelajaran bertujuan untuk memilih dan merencanakan kegiatan belajar berdasarkan bahan kajian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah dibuat agar dapat dicapai hasil belajar yang maksimal. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk berpikir kritis sekaligus dialogis, kreatif dan interaktif yakni problem posing atau pengajuan masalah-masalah yang dituangkan dalam bentuk pertanyaan. Pada pembelajaran pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif siswa diberi kesempatan untuk mengajukan permasalahan dan menyelesaikannya berdasarkan situasi yang diberikan kemudian dikerjakan secara bersama-sama, sehingga diharapkan kreativitas siswa dapat berkembang. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh positif pendekatan problem posing terhadap kempuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 28 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh positif pendekatan problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 28 Palembang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Palembang tahun ajaran 2011-2012 dimana sampel yang diambil dua kelas yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen model random terhadap subjek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data tes menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Berdasarkan hasil data dan pembahasan yang diperoleh dari hasil postest kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pendekatan problem posing yaitu 68,67 lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori yaitu 57. Dari hasil hipotesis diperoleh thitung = 4,672 dan ttabel = 1,6688, maka thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh positif pendekatan problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 28 Palembang”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s