PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS XI SMK NEGERI 7 PALEMBANG

Oleh:

 

Rury Tridiningsih

Email : bluesimungil@ymail.com

Destiniar

Dosen PNS Dpk pada FKIP UNIV PGRI PLG

Email : destiniarpgri@yahoo.co.id

 

 

Penelitian yang dilaksanakan di SMK Negeri 7 Palembang ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika di SMK Negeri 7 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen murni. Lokasi pengembangan dilakukan di SMK Negeri 7 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai pada akhir Mei dan awal bulan Juni 2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 7 Palembang yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes adalah serentetan pertanyaan/latihan yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, kemampuan/bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Tes yang digunakan adalah tes subjektif berbentuk essay (uraian). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Rata-rata hasil tes siswa adalah 70,46 yang tergolong dalam kategori sangat baik. (2) Menghasilkan sebuah produk dari proyek yang dibuat (miniatur bangunan).

 

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Pemahaman Konsep

Disampaikan pada Seminar Nasional, 15 Desember 2012 di FKIP PGRI Palembang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s