Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together di SD Negeri Ujan Mas

Oleh ; Dewi Ernawati
2007121054

ABSTRAK

Pada umumnya dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dijenjang pendidikan sekolah dasar masih diketemukan siswa yang bersikap pasif dalam kegiatan belajarnya, hal ini diakibatkan kurangnya penerapan model-model dalam pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi. Lebih lanjut akibatnya adalah rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan sejalan dengan permasalahan diatas adalah model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran numbered heads together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model konstruktivisme dengan model numbered heads together pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Ujan Mas.
Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model konstruktivisme (X1), dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model numbered heads together (X2). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, tes yang diberikan dalam bentuk soal essay yang berjumlah 5 soal. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis dengan rata-rata dan selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil analisis data dan pengujian hipotesis didapat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model konstruktivisme lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengunakan model numbered heads together, ini ditunjukan dengan rata-rata presentase kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model konstruktivisme yaitu 80,7% lebih tinggi dari rata-rata presentase kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model numbered heads together dengan rata-rata presentase 58,76%. Dan melalui pengujian hipotesis diperoleh thitung=5,69 dan ttabel=2,086 sehingga thitung ˃ ttabel dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s