Penerapan pendekatan Problem Posing Pada pokok Bahasan Sistem persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 22 Palembang

Oleh ; Riki Apriyansyah

ABSTRAK

Proses pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 22 Palembang cenderung masih menggunakan pembelajaran konvensional, dimana siswa hanya menerima informasi dari guru dan mencatat lalu mengerjakan soal. Sebagai dampaknya, dalam proses pembelajaran siswa menjadi kurang aktif dan tidak mampu mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki, sehingga hasil belajar matematika siswa kurang baik. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan menerapkan pendekatan Problem Posing, dimana dengan pendekatan ini siswa akan aktif dan diharapkan akan lebih mendalami pengetahuan dan menyadari pengalaman belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui aktivitas siswa saat diterapkan pendekatan Problem Posing dan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan Problem Posing.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Variabel dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama diterapkan pendekatan problem posing pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 22 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Kemudian data-data yang diperoleh dari lembar observasi dianalisis dengan persentase dan hasil tes dengan rata-rata.
Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama diterapkan pendekatan Problem Posing yang paling dominan untuk aktivitas visual dengan rata-rata hasil belajar siswa tergolong baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s