Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Pokok Bahasan Himpunan Di Kelas VII SMP Daarul Aitam Palembang

oLEH ; Murizal
2006121363

ABSTRAK

Selama ini proses belajar mengajar yang digunakan masih menggunakan pembelajaran konvensional atau pembelajaran yang berpusat pada guru, sedangkan siswa hanya menerima apa yang dijelaskan oleh guru tanpa terlibat aktif dalam menemukan sendiri apa yang dipelajari, sehingga ilmu tidak mudah melekat dan mudah dilupakan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa dan siswa kurang termotivasi untuk belajar matematika karena didominasi guru dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB). Penggunaan SPPKB dalam kegiatan pembelajaran sangat perlu karena untuk mempermudah proses pembelajaran,sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. SPPKB adalah model pembelajaran yang bertumpu kepada pengembangan kemampuan berpikir siswa melalui telaahan fakta-fakta atau pengalaman anak sebagai bahan utuk memecahkan masalah yang diajukan. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan aktivitas siswa selama diterapkan SPPKB dan hasil belajar siswa setelah diterapkan SPPKB pokok bahasan himpunan di Kelas VII SMP Daarul Aitam Palembang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama penerapan SPPKB dan hasil belajar siswa setelah diterapkan SPPKB.
Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah diterapkan SPPKB di kelas VII SMP Daarul Aitam Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen katagori one shot case study. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, kemudian dianalisis dengan teknik analisis data deskriftif kuantitatif.
Dari hasil penelitian dengan menerapkan SPPKB maka dapat disimpulkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan SPPKB didominasi oleh aktivitas mental yang diikuti aktivitas lisan dan aktivitas menulis sedangkan hasil belajar siswa pada tes evaluasi dengan rata-rata 80,10 dengan katagori baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s