Penerapan Strategi Rotating Roles pada Pokok Bahasan Sistim Persamaan Linier Dua Variabel di SMP Negeri 2 OKU

Oleh ; Yuliana

ABSTRAK

Pada umumnya pencapaian hasil belajar matematika di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih ditemukan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan sistim persamaan linear dua variabel. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya pencapaian hasil belajar siswa dari ulangan harian yang dilaksanakan guru. Permasalahan yang dihadapi siswa tersebut, cenderung diakibatknya kurang dapatnya siswa untuk bersikap positif dalam kegiatan belajar matematikanya, sikap ini dapat berupa bermalas-malasan siswa dalam mengikuti kegiatan belajarnya di dalam kelas. Oleh karena itu, sebagai salah satu alternatif dalam menyikapi permasalahan tersebut, penulis menerapkan strategi rotating roles. Strategi rotating roles merupakan strategi yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih kecakapan melalui bermain peran tentang situasi kehidupan yang nyata. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan sikap siswa setelah diterapkan strategi rotating roles pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di SMP Negeri 2 OKU.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Data yang diperoleh dari hasil tes dianilisis dengan rata-rata, sedangkan hasil angket dianalisis dengan penskoran.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi rotating roles pada pembelajaran matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII.7 SMP Negeri 2 OKU tergolong baik yaitu 78,83, dan sikap siswa setelah diterapkan strategi rotating roles pada pembelajaran matematika pokok sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII.7 SMP Negeri 2 OKU tergolong sangat positif yaitu 41,84.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s