PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ACTUAL LEARNING DI SMP NEGERI 1 PAYARAMAN

Oleh ; R. A Dela Putri Utami

ABSTRAK

Seorang guru tidak dapat hanya menggunakan satu metode atau pendekatan saja, melainkan perlu disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari. Sedangkan metode-metode atau pendekatan-pendekatan dalam pengajaran matematika cukup beragam. semua mempunyai kelebihan masing-masing. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Payaraman cenderung bersifat konvensional. guru hanya sekedar menyampaikan materi, memberikan rumus dan latihan soal-soal. Hal inilah yang menyebabkan siswa jadi kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga megakibatkan kekurang aktifan siswa dalam belajar.sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan berkaitan dengan masalah tersebut adalah pendekatan actual learning. Pendekatan actual learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Karena materinya diarahkan pada kehidupan sehari-hari yang dialami oleh siswa itu sendiri. Pendekatan ini juga menuntut siswa untuk aktif. Siswa diberikan kebebasan untuk mengemukakan pendapatnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan actual learning pada materi pokok lingkaran pada indikator menentukan keliling dan luas lingkaran kelas VIII.c di SMP Negeri 1 Payaraman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Variabel dalam penelitian ini Bagaimana aktivitas siswa selamaditeapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan Actual dan Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan Actual learning. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes. Kemudian data data yang diperoleh dari lembar observasi dianalisis dengan persentase dan hasil tes dengan rata-rata.
Dari hasil penelitian, didapat aktivitas siswa selama diterapkannya gaya belajar model kolb yang paling dominan adalah aktivitas menulis dengan rata-rata 84 dan hasil belajar siswa dengan rata-rata82,875. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan gaya belajar model kolb dikategorikan baik.

Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Pendekatanactual learning, Aktivitasdan hasil belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s