PENERAPAN STRATEGI KREATIF PRODUKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 JEJAWI

Oleh : Nidia Hastuti
ABSTRAK
Hasil studi menyebutkan bahwa meski adanya peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan namun pembelajaran dan pemahaman siswa SMP pada mata pelajaran matematika menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Pembelajaran di SMP cenderung berorientasi pada isi buku dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran cenderung abstrak cenderung menggunakan metode ceramah sehingga konsep-konsep akademik kurang bisa atau sulit dipahami. Hal ini selaras dengan permasalahan di SMP Negeri 2 Jejawi bahwa terdapat beberapa siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika hanya sekedar menerima dan cenderung bersifat pasif, di mana respon belajar siswa cenderung menurun sewaktu menghadapi materi yang tingkat kesulitannya relatif tinggi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan sikap siswa setelah diterapkan strategi kreatif produktif dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Jejawi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Data yang diperoleh dari hasil tes dianilisis dengan rata-rata, sedangkan hasil angket dianalisis dengan penskoran.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi kreatif produktif dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Jejawi tergolong baik, sedangkan sikap belajar siswa setelah diterapkan strategi kreatif produktif dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Jejawi tergolong sangat positif.

Bidang Ilmu : pendidikan
Kata Kunci : strategi kreatif produktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s