PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 49 PALEMBANG

ABSTRAK

Oleh :
FERAWATI
Yusuf Hartono ; Andinasari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa setelah diterapkan pembelajaran berdasarkan masalah di SMP Negeri 49 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negri 49 Palembang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII yang diberikan metode deskiftif dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknis tes. Adapun tes yang digunakan adalah tes formatif yaitu tes yang dilakukan untuk mengetahui tingkat penalaran matematis yang dilakukan pada akhir pokok bahasan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh bahwa penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dikategorikan tinggi.

Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, penalaran matematis siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s