PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) DI SD NEGERI 1 TANJUNG ALI

ABSTRAK

Oleh
Yusmawati, Nila Kesumawati,Farah Diba

Pembelajaran matematika di jenjang sekolah dasar masih berpusat pada guru. Hal ini terlihat dari cara guru mengajar di kelas yang menggunakan cara lama yaitu dengan mengunkan metode ceramah. Dan metode mencatat buku sampai habis. Hal ini dapat mengakibatkan pembelajaran sulit ditumbuh kembangkan dan pola belajar cendrung menghapal. Guru matematika dalam kegiatan pembelajaran difokuskan untuk melatih siswa terampil menjawab soal matematika sehingga penguasaan dan pemahaman matematika siswa terabaikan. Akibatnya kemapuan penalaran siswa tidak berkembang. Salah satu alternatif yang dapat di lakukan berkaitan dengan masalah tersebut adalah dengan model Search, solve, Create and Share (SSCS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika.
Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah PTK yaitu tindakan siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Tehnik pengumpulan data berupa soal tes yang berbentuk Essay. Soal tes merupakan soal uraian yang memiliki kriteria soal penlaran yang mengacu pada indikator kempuan penalaran siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat di simpulkan bahwah hasil siklus 1 dan siklus II Kemampuan belajar siswa dengan menggunakan model Search, solve, Create and Share (SSCS). Nilai rata-rata pada siklus I Mendapatkan 68,07 dengan ketuntasan 65%, dan siklus II mendapatakan nilai rata-rata 71,73 dengan ketuntasan 73% di katan berhasil dan melawati KKM. Jadi dengan mengunakan model pembelajran ini dapat meningkatakan kemapuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika di SD Negeri 1 Tanjung Ali.

Kata Kunci: Model search, solve, create and share (SSCS).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s