PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 44 PALEMBANG

Abstrak
oleh ; Riantico Bagus Putra,Dra.Hj. Farah Diba, M.pd dan Dra. Hj. Jumroh, M.pd

Salah satu kemampuan yang tak kalah pentingnya dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan komunikasi matematis. Secara umum komunikasi dapat diartikan sebagai suatu peristiwa saling menyampaikan informasi dari komunikator kepada komunikan dalam suatu komunitas.Dalam matematika, berkomunikasi mencakup keterampilan atau kemampuan untuk membaca, menulis, menelaah dan merespon suatu informasi.Pembelajaran matematika merupakan salah satu masalah pembelajaran di Indonesia.Pada dasarnya, salah satu masalah yang dialami oleh sebagian besar guru matematika adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis.Mengkaji uraian diatas diperlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran tersebut adalah melalui pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning ( CTL ). CTL adalah suatu pendekatan yang menghubungkan pengetahuan dengan kehidupan sehari- hari.Masalah dalam penelitian ini adalah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN 44 Palembang setelah diterapkannya contextual teaching and learning (CTL) .
Variabel dalam penelitian ini adalah Variabel bebas yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Variabel terikat yaitu Kemampuan komunikasi matematis .Metode yang dilakukan dalam penelitian adalah metode eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan teknik analisi data yang digunakan adalah normalized gain score atau g factor.
Berdasarkan analisa dari hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa” menerapkan Contextual Teaching and Learning (CTL)dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata- rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diterapkannya CTL sebesar 70,33. Sedangkan nilai rata- rata kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkannya CTL meningkat menjadi 79,47. Di dapat N-Gain (Normalized gain Score) sebesar 0,308.Setelah diinterpretasikan kedalam klasifikasi Hake termasuk dalam kategori SEDANG.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan komunikasi matematis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s