PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG

ABSTRAK

Oleh :Fitri yani, Rosinta Parapat, Destiniar

Untuk mengikuti fungsi pendidikan nasional seorang guru dituntut untuk menggunakan strategi yang melibatkan siswa aktif dalam belajar antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan dan memaknai pelajaran bagi siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL). Penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam pokok bahasan bangun datar adalah banyak siswa yang malu bertanya, belum mampu mengungkapkan pendapat, keberanian untuk menjawab pertanyaan kurang, tidak dapat mengintegrasikan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehingga suasana pembelajaran cenderung kaku. Jadi pembelajar hanya bersifat teoritis dan abstrak. Penelitian bertujuan untuk melihat aktivitas siswa pada saat mengikuti proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi pokok himpunan di kelas VII SMP negeri 10 Palembang.
Variabel penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII.1 setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pokok bahasan bangun datar di kelas VII SMP Negeri 10 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu atau ekperiment one short case study. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif.
Dari hasil analisis data dan pembahasan siswa kelas VII.1 SMP Negeri 10 Palembang setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan jumlah siswa 38 orang, maka dapat disimpulkan aktivitas yang paling dominan adalah aktivitas visual (87,3%), dan aktivitas lisan (62,5%) merupakan aktivitas yang paling rendah dilakukan siswa, serta hasil belajar siswa termasuk kategori baik dengan nilai sebesar 71,68.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL) dan Hasil Belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s