PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BRAIN STORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VII DI SMP AL- IKHLAS PALEMBANG

ABSTRAK

oleh ; LANSANA PUTRI, Dra. Destiniar, M. Pd dan Ety Septiati, S.Si., M.T.

Dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama ini oleh para guru di SMP AL-IKHLAS Palembang siswa sepenuhnya masih menerima dari guru tanpa melibatkan keaktifan siswa, guru memberikan materi, memberikan catatan sehigga membuat pelajaran matematika bersifat hapalan bukan melatih pola pikir siswa. Siswa mengerjakan soal selalu ditunjuk oleh guru dan cendrung mengalami ketakutan karena siswa sering tidak dapat menjawab. Hal ini disebabkan siswa kurang mengeti materi yang di ajarkan oleh guru sehingga menjadikan siswa monoton, siswa tidak mengerti apa yang menjadi tujuan pembelajaran, sehingga keaktifan siswa rendah yang akan berdampak pada nilai belajar siswa. Salah satu teknik pembelajaran yang tidak hanya berpusat pada guru dan menjadikan siswa tidak hanya sebagai objek tetapi sampai kepada subjek yaitu teknik pembelajaran brain storming. Pembelajaran dengan brain storming merupakan suatu cara untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif, siswa dapat mengemukakan gagasan atau pendapat dan ide sehingga kemampuan siswa dapat berkembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh teknik brain storming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VII SMP AL-IKHLAS Palembang dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh teknik brain storming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VII SMP AL-IKHLAS Palembang.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah”Ada pengaruh teknik brain storming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VII SMP AL-IKHLAS Palembang”. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%.
Dari hasil tes belajar siswa diproleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,80 dengan kriteria penilaian baik dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol 69,87 dengan kriteria penilaian cukup. Dan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kontrol sebesar 12,93. Dari hasil analisis data didapat ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik brain storming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VII SMP AL-IKHLAS Palembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s