Pengaruh Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pampangan

ABSTRAK

oleh ; Eriyandi, Andinasari dan Destiniar

Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan untuk memcapai tujuan pembelajaran secarah optimal, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep metematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pampangan, dengan menggunakan dua kelas untuk diteliti yaitu kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol.
Penelitin ini menggunakan metode eksperimen, teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan analisis uji t.Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis berbentuk essay, analisis data dilakukan dengan uji statistik t dengan tarap nayata . Yang manapenelitianinidilakukan di SMP Negeri 2 Pampangan.
Berdasarkanhasilpembahasan, analisis data diperoleh sedangkan , berdasarkan kriteria pengujian hipotesis yaitu Ha diterima,dapatdisimpulkanbahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Oleh karna itu disarankan bagi para guru untuk dapat menggunakan alat peraga sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar agar dapat menciptakan siswa yang aktif dan kreatif sehingga dapat menimbulkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

Tinggalkan komentar